Kamis, 27 Januari 2011

HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG PERAWATAN BEDAH


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar  belakang
Pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan sangat menentukan mutu pelayanan kesehatan. Tenaga keperawatan sebagai bagian dari sistem ketenagaan kesehatan, diharapkan dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan pelayanan kesehatan secara nasional dan global (Achir Yani, 2001;1).  Keperawatan merupakan suatu profesi yang sangat penting dan menentukan dalam pemberian pelayanan kesehatan. Di rumah sakit, keperawatan juga memegang peranan yang sangat strategis, dimana kebanyakan tenaga kesehatan adalah perawat yang memberikan asuhan keperawatan. Pelayanan keperawatan yang bermutu dapat dicapai salah satunya tergantung pada seimbangnya antara jumlah tenaga dan beban kerja perawat di suatu rumah sakit  (Jurnal Keperawatan Indonesia, 2000;333).
Berdasarkan hasil survey Nasional yang dilakukan  Anna, 2001 bahwa perawat register nurse kondisi kerjanya mengalami perubahan yang menyebabkan kualitas pelayanan perawatan mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya mereka merasa bahwa pada saat berada di ruang kerja, mereka sering lupa untuk istirahat dan makan snack (5711 responden), merasa terjadi peningkatan tekanan untuk menyelesaikan pekerjan (5340 responden), tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan setelah shif (4210 responden), tidak bisa menyelesaikan pendidikan berkelanjutan dan mengalami stress dan sakit (3762 responden), merasa sangat kelelahan dan tidak ada motivasi setelah kerja (3617 responden), merasa tidak termotivasi dan sedih karena karena tidak bisa memberikan pelayanan keperawatan (3222 responden) dan 2928 responden merasa tidak punya tenaga untuk memberikan pelayanan keperawatan secara kualitatif yang optimal, yang semua itu disebabkan beban kerja yang tinggi. Work load yang tinggi karena staffing tidak bisa optimal.
Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah …….. adalah salah satu rumah sakit umum daerah yang terletak di wilayah kota ……. Ditinjau dari segi lokasi, rumah sakit ini sangat strategis, mengingat kota Parepare adalah jalur lalu lintas dan terminal ke berbagai wilayah di Sulawesi Selatan. Selain itu, dalam penetapan rumah sakit rujukan untuk pelayanan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dan pelayanan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), rumah sakit tersebut  merupakan rumah sakit rujukan untuk daerah – daerah utara Sulawesi Selatan. Hal ini mengakibatkan peningkatan jumlah pasien rawat inap tiap tahunnya dengan karakteristik pasien yang dirawat cukup beragam.
Dengan bertambahnya jumlah pasien rawat inap di RSUD ………..tersebut beban kerja perawat pelaksana dirasakan meningkat.
Dalam laporan tahunan Bidang Pelaporan dan Pelayanan Kesehatan RSUD …………. mengenai jumlah pasien rawat inap, ditemukan bahwa  jumlah pasien rawat inap pada tahun 2006 sebanyak ….. pasien, tahun 2007 sebanyak …… pasien dan tahun 2008 sebanyak …. pasien.
Dalam laporan Bidang Pelaporan dan Pelayanan Kesehatan RSUD ……..mengenai jumlah tempat tidur pasien rawat inap, ditemukan bahwa jumlah tempat tidur pasien rawat inap  hingga Oktober 2009 sebanyak ……tempat tidur.
Dalam laporan Bidang Pelaporan dan Pelayanan Kesehatan RSUD …….. mengenai jumlah perawat ruang rawat inap hingga  Oktober 2009 sebanyak ……. perawat.
Dalam laporan Bidang Pelaporan dan Pelayanan Kesehatan RSUD …….mengenai ratio antara perawat dengan tempat tidur pasien ditemukan ratio 1 perawat : 3 tempat tidur. Sedangkan Menurut Departemen Kesehatan, ratio antara perawat dengan tempat tidur  adalah 3 perawat : 2 tempat tidur. Hal ini diduga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja perawat.
Berdasarkan fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hubungan antara beban kerja perawat dengan kinerja perawat di ruang perawatan bedah RSUD ……..
B.     Perumusan masalah
1.         Pernyataan masalah
Berdasarkan uraian sebelumnya, maka perlu diteliti hubungan antara beban kerja dengan kinerja perawat. Apakah beban yang terlalu tinggi mengakibatkan kinerja perawat turun atau bahkan semakin meningkat atau sebaliknya.
2.         Pertanyaan penelitian
Adakah hubungan antara beban kerja dan kinerja perawat di ruang perawatan bedah RSUD …… ?
 C.     Tujuan penelitian
1.         Tujuan Umum
Untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan kinerja perawat di ruang perawatan bedah RSUD .......
2.         Tujuan Khusus
a.         Mengetahui beban kerja perawat  di ruang perawatan bedah RSUD .....
b.        Mengetahui kinerja perawat  di ruang perawatan bedah RSUD ....
c.         Mengetahui hubungan antara beban kerja dan kinerja perawat di ruang perawatan bedah RSUD .......
D.    Manfaat Penelitian
1.      Sebagai bahan masukan bagi manajer rumah sakit dalam perencanaan ketenagaan keperawatan dirumah sakit sekaligus memberikan imformasi mengenai beban kerja dan kinerja perawat di  RSUD ........
2.      Hasil penelitian dapat dijadikan pertimbangan bagi Unit Diklat  RSUD untuk mengadakan pelatihan atau peningkatan pendidikan tenaga keperawatan demi peningkatan kinerja perawat.
3.      Acuan atau referensi bagi peneliti lain mengenai beban kerja dan kinerja perawat RSUD .....

1 komentar:

  1. bisa minta file lengkap.nya gak ini gan ..
    kirim ke email aku ambank.bembenk@gmail.com

    BalasHapus