Senin, 07 Februari 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI SUNTIK


ABSTRAK

           Kontrasepsi suntik adalah obat pencegahan kehamilan yang pemakaiannya dilakukan dengan jalan menyuntikkan obat tersebut pada wanita subur. Penyuntikan dilakukan pada otot (intra muskuler), dibokong yang dalam atau pada pangkal lengan. Metode kontrasepsi suntik telah menjadi bagian gerakan KB  nasional serta peminatnya makin bertambah karena cara kerjanya yang efektif, pemakaiannya praktis, harganya relatif murah dan aman.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian dengan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study, di mana variabel independen dan dependen diteliti dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan kontrasepsi suntik, dengan jumlah sampel 89 responden dengan menggunakan metode penarikan sampel yaitu Nonprobabiliti Sampling dengan tehnik consecutive sampling.
 Dengan menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan α< 0,05.diperoleh hasil bahwa tingkat pengetahuan (ρ = 0.011), efek samping   (ρ = 0,006), tingkat efektifitas (ρ = 0,005). Selanjutnya setelah dilakukan uji  regresi logistik diketahui bahwa faktor tingkat efektifitas memiliki hubungan yang paling besar dengan pemilihan kontrasepsi suntik dengan tingkat signifikan terkecil (ρ = 0,005).
           
Kata kunci : tingkat pengetahuan, efek samping, tingkat efektifitas.           

Kepustakaan: 1997 - 2006

1 komentar:

  1. boleh minta refrensi skripsinya gak?
    sama hasil penelitiannya yang lengkap?

    BalasHapus