Senin, 07 Februari 2011

HUBUNGAN POLA MENSTRUASI DENGAN KADAR HEMOGLOBIN (HB) REMAJA SISWI SMP


ABSTRAK


        Masa remaja merupakan masa dimana anak mengalami perubahan fisik dan psikis serta pematangan seksual. Pada remaja putri pubertas ditandai dengan menstruasi yang pertama. Pada masa terjadi menarche (awal menstruasi) itu berarti mulai terjadi pembuangan Fe tiap menjalani siklus menstruasi setiap bulan,  sehingga remaja putri lebih rentan terhadap anemia. Itulah sebabnya remaja membutuhkan zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuh kekeadaan semula.
        Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analitik dengan desain studi Cross sectional. Yaitu untuk melihat hubungan antara faktor penyebab dan akibat dalam waktu yang bersamaan. Analisis hasil penelitian menggunakan uji statistik Chi square dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi  SMP, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswi yang memenuhi kriteria inklusi yaitu 68 responden dengan menggunakan tehnik purposive sampling.
        Setelah dilakukan penelitian dengan uji korelasi diperoleh hasil bahwa lama haid (p=0,000), siklus haid (p=0,003), banyaknya darah haid (p=0,002), karena nilai p<0,05 maka ada hubungan dengan kadar hemoglobin (Hb) remaja siswi SMP. Setelah dilakukan uji regresi diketahui bahwa lama haid memiliki hubungan yang paling besar dengan kadar hemoglobin (Hb)  remaja siswi SMP dengan tingkat signifikan (p=0,009).

Kata kunci : Menstruasi, kadar hemoglobin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar