Senin, 07 Februari 2011

Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Ibu Balita Membawa Anaknya Ke Posyandu


ABSTRAK

        Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan tempat kegiatan terpadu KB-kesehatan ditingkat desa. Ini telah dicanangkan sebagai strategi percepatan pencapaian kesejahteraan anak Indonesia 5 program yaitu KIA, KB, Gizi, Imunisasi dan penanggulangan diare. Kegiatan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas terdapat 32 unit Posyandu yang ada di 7 kelurahan, Tahun 2005 hingga tahun 2006 presentase bayi/balita yang ditimbang di atas 50%  Khusus kelurahan AAA presentase bayi/balita yang ditimbang diatas 70%. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran adanya hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan ke patuhan  ibu balita membawa anaknya ke Posyandu.
Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptik Analitik dengan metode Cross Sctional yaitu rancangan yang mengkaji dinamika korelasi/hubungan Variabel Independen dengan Variabel Dependen pada saat yang bersamaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 511responden sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah ibu balita yang memenuhi kriteria inklusi yaitu 205 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling, analisis data dilakukan dengan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian untuk ibu balita yang berpengetahuan cukup berpeluang 17 kali lebih patuh membawa anaknya ke posyandu dibanding yang berpengetahuan kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa antara tingkat pendidikan dengan kepatuhan ibu balita membawa anaknya ke Posyandu tidak ada hubungan yang bermakna. Sedangkan pengetahuan dengan kepatuhan ibu balita membawa anaknya ke Posyandu mempunyai hubungan yang signifikan.


Kata Kunci : Pendidikan, Pengetahuan, Kepatuhan ibu balita
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar