Senin, 07 Februari 2011

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL, PENGHARGAAN, DAN LINGKUNGAN FISIK DENGAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS


ABSTRAK

        Kepuasan kerja menjadi masalah yang penting sebab memiliki manfaat yang besar bagi kepentingan individu, organisasi/Puskesmas dan masyarakat oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan  faktor sosial (hubungan terhadap atasan dan interaksi sesama pegawai), faktor penghargaan (insentif dan pelatihan), kondisi fisik (lingkungan kerja).
        Penelitian ini menggunakan metode rancangan penelitian Deskriptif Analitik dengan desain study Cros Sectional Study. Pada Puskesmas dengan jumlah sampel 43 orang.Teknik pengambilan sampel di lakukan secara total sampling.
        Hasil analisis dengan menggunakan Chi-Square dengan ά = 0,05 yakni terdapat hubungan antara interaksi sesama pegawai P = 0,023, insentif dan pelatihan  P = 0.045 terhadap kepuasan kerja pegawai di Puskesmas, sedangkan hubungan terhadap atasan dan lingkungan fisik  tidak memiliki hubungan. Dari analisis disarankan bagi pihak pimpinan/manajer Puskesmas untuk mempunai hubungan dengan pegawai dan menciptakan suasana kerja yang dapat mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif.

Kata kunci : Kepuasan kerja pegawai Puskesmas , faktor sosial (hubungan terhadap atasan dan interaksi sesama pegawai), faktor penghargaan (insentif dan pelatihan), faktof kondisifisik (kondisi fisik lingkungan kerja).    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar