Senin, 07 Februari 2011

Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Sekolah Dasar

ABSTRAK

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  korelasional dengan jenis penelitian cross. Subjek penelitian adalah anak usia sekolah di Sekolah dasar dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.
Analisa data menggunakan Uji chi square (Fisher’s Exact Test), dengan tingkat kemaknaan α = 5% (0,05). Hasil analisa data responden dengan Uji chi square  ditemukan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Sekolah dasar, dengan nilai P=0,00 dengan demikian nilai P< 0,05. 
Kesimpulan ada Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Sekolah Dasar. Selain pola asuh orang tua, faktor motivasi, sikap dan lingkungan juga mempengaruhi prestasi belajar anak.
Saran kepada institusi pendidikan. Diharapkan institusi pendidikan agar dapat melaksanakan program bimbingan dan konseling khusus terhadap anak usia sekolah yang memiliki prestasi belajar kurang dengan latar belakang pola asuh orang tua yang otoriter

Kata kunci : Pola asuh orang tua, Prestasi belajar, Anak usia sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar