LEMBAR OBSERVASI
PERBANDINGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN
DI RUANG RAWAT INAP MPKP DAN NON MPKP
DI RUANG RAWAT INAP MPKP DAN NON MPKP
TANGGUNG JAWAB
Berilah tanda “ P“ pada kotak yang disediakan sesuai jawaban yang anda pilih
Ket : SLL = SELALU TDK = TIDAK PERNAH
KDG = KADANG – KADANG
KEPALA RUANGAN
B. KETUA TIM
No OBSERVASI DAN WAWANCARA SLL KDG TDK
1. Membuat asuhan keperawatan
2. Membuat penugasan, supervisi
3. Mengenal/ mengetahui kondisi pasien dan dapat menilai tingkat kebutuhan pasien
4. Mengembangkan kemampuan anggota
5. Menyelenggarakan konferensi
Supervisi
6. Adanya supervisi dari kepala ruangan
7. Adanya format supervisi
8. Pengawasan langsung melalui inspeksi/mengamati sendiri
9. Pengawasan dilakukan sesuai dengan kenyataan/ kejadian yang ada
10. Pengawasan langsung melalui lapoiran langsung secara lisan.
11. Pengawasan tidak langsung mengecek daftar hadir ketua tim
12. Memeriksa dokumentasi keperawatan selama dan sesudah proses keperawatan dilaksanakan
13. Mendengar laporan ketua tim tentang pelaksanaan tugas
14. Mengevaluasi upaya pelaksanaan dan membandingkan dengan rencana keperawatan yang telah disusun bersama ketua tim.
15. Adanya laporan supervisi serta pendokumentasian hasil supervisi
16. Mencari pemecahan masalah untuk setiap permasalahan yang terjadi di ruangan
17. Memantau hasil dari solusi yang ditetapkan untuk memecahkan suatu masalah
18. Memberikan umpan balik kepada tim terhadap solusi yang sudah diterapkan.
C. ANGGOTA TIM
No OBSERVASI DAN WAWANCARA SLL KDG TDK
1. Memberikan asuhan keperawatan pada pasien di bawah tanggung jawabnya.
2. Kerjasama dengan anggota tim dan antar tim.
3. Memberikan laporan asuhan keperawatan kepada ketua tim
4. Timbang terima dilaksanakan setiap pergantian shift/ operan.
5. Kelompok sudah dalam keadaan siap
6. Shift yang akan menyerahkan dan mengoperkan perlu mempersiapkan hal - hal apa yang akan disampaikan.
7. Kelompok yang akan bertugas menyiapkan buku catatan
8. Dari kantor perawatan perawat berdiskusi untuk melaksanakan timbang terima dengan mengkaji keperawatan pasien, rencana tindakan yang sudah dan belum dilaksanakan serta hal-hal penting lainnya yang perlu dilimpahkan.
9. Ketua tim dan anggota tim kedua shif dinas bersama – sama secara langsung melihat keadaan pasien 10. Hal - hal yang perlu disampaikan pada saat timbang terima:
a. Identitas pasien dan diagnosa medis
b. Masalah keperawatan yang kemungkinan masih muncul
c. Tindakan keperawatan yang sudah dan belum dilaksanakan
d. Intervensi kolaburatif dan dependen
e. Rencana umum dan persiapan yang perlu dilakukan dalam kegiatan selanjutnya.
11. Perawat yang melakukan timbang terima dapat melakukan krarifikasi mengenai hal - hal yang kurang jelas kepada pasien
12. Penyampaian pada saat timbang terima secara singkat dan jelas
Lama timbang terima untuk setiap pasien tidak lebih dari 5 menit kecuali pada kondisi khusus dan memerlukan penjelasan yang lengkap dan rinci.
13. Pelaporan untuk timbang terima dituliskan secara langsung pada buku laporan ruangan oleh ketua tim 14. Hal - hal yang bersifat khusus dan memerlukan perincian yang lengkap sebaiknya dicatat secara khusus untuk kemudian diserah terimakan kepada perawat jaga berikutnya.
II. DOKUMENTASI KEPERAWATAN
Berilah tanda “ P“ pada kotak yang disediakan sesuai jawaban yang anda pilih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar